Rumah

Tips Memilih Partisi Ruangan

Rumah Anda sempit? Pengen terasa luas?

Benar kan?

Nah, salah satu solusi yang bisa Anda coba, yakni membuat partisi rumah. Hanya, saja apa saja pertimbangan untuk memilih partisi tersebut?

Karena saat ini sedang cukup populer penggunaan partisi ruangan di berbagai rumah  sehingga hunian pun bisa tampil lebih bagus dan menarik.

Tak hanya itu, rumah akan tampak lebih simpel dan modern.

Sedangkan berbicara lebih jauh tentang partisi ruangan, ada dua jenis partisi secara umum yang bisa di gunakan, yakni yang permanen dan tidak permanen.

Nah, dalam hal ini Anda bisa memilih mana yang sekiranya mudah dan sesuai selera. Namun, untuk jenisnya secara lebih khusus, tentu saja semakin variatif lagi di bandingkan kedua jenis tersebut.

Sedangkan untuk ulasan lebih jauh tentang partisi ruangan dan pemilihannya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan dan terapkan lebih lanjut.

Tips Memilih Partisi Ruangan yang Tepat

Tetapkan Lokasi dan Desainnya

Pertama adalah pemilihan lokasi dan desain. Jadi, tentukan dahulu di mana partisi ruangan ini akan di gunakan.

Pada umumnya, partisi ruangan ini bisa di letakkan di desain dapur minimalis Anda, di kamar, dan berbagai ruangan lain di rumah. Sedangkan memperhatikan dengan baik di mana peletakannya akan sangat berpengaruh pada jenis apa yang akan mejadi pilihan material partisi ruangan Anda nantinya.

Tidak hanya pada lokasi pemasangan, dalam hal ini Anda juga perlu menyiapkan desain partisi ruangan ini dengan baik sesuai dengan desain ruangan pilihan. Nah, kalau berbicara soal desain, akhir-akhir ini banyak yang tertarik dengan desain minimalis modern, desain klasik, desain rustic dan masih banyak lagi. Namun penentuannya tentu saja kembali pada selera dan pilihan Anda sendiri.

Memilih Material yang Sesuai

Kaca

Material yang paling banyak di gunakan sebagai partisi yang pertama adalah kaca. Material kaca ini memiliki kelebihan tersendiri dalam banyak hal. Dengan material kaca, biasanya ruangan akan tampak lebih mewah dan menarik. Selain itu, sifatnya yang transparan bisa membuat pandangan Anda semakin jauh jangakuannya dan tidak terhalang. Bahan ini cocok untuk ruangan tanpa privasi.

Kayu

Selanjutnya, yang tidak kalah recommended adalah kayu. Baik untuk pemilihan desain partisi yang modern minimalis maupun klasik, atau bahkan natural, penggunaan material kayu adalah pilihan yang sangat di rekomendasikan. Material kayu ini pun bisa di desain menjadi berbagai bentuk sehingga sangat fleksibel dan kuat. Apalagi jika jenis kayu yang di gunakan berkualitas tinggi.

Kain

Partisi lain yang juga bisa Anda terapkan adalah kain. Dalam hal ini penggunaan kain sebagai partisi ruangan akan sangat menarik karena bisa memberikan kesan yang lebih simpel, hemat tempat dan tentunya bisa di bentuk dan di beri motif sesuai selera. Tidak hanya itu, partisi ruangan yang menggunakan material kain juga akan semakin menghemat pengeluaran saat pemasangannya.

Bambu

Material terakhir, yang juga bisa di terapkan di sini adalah bambu. Dalam hal ini bambu akan memberikan nuansa yang menarik juga terhadap ruangan yang di beri partisi. Bahkan, material bambu yang di gunakan sebagai partisi ruangan cocok untuk konsep ruangan minimalis, klasik, maupun konsep natural. Jadi, tinggal sesuaikan cara mendesain materialnya saja.

Tetapkan Anggaran

Dalam memilih partisi ruangan, jangan lupa memperhatikan satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan, yakni masalah anggaran.

Dalam hal ini Anda perlu menetapkan anggaran sebelum mulai memilih sehingga tidak terjadi kekurangan dana dan akan membuat kebingungan nantinya.

Nah, dalam pemilihannya, jangan lupa menyesuaikan harga partisi dengan budget yang ada.

Jadi, jangan sampai menggunakan jenis partisi dengan desain atau pun material yang harganya melebihi budget Anda. Cukup pastikan saja ukurannya pas, desainnya sudah menarik, bahannya kuat dan budget Anda mencukupi. Dengan menerapkan hal ini, pemasangan partisi ruangan pun akan berjalan sesuai keinginan dengan hasil yang sudah cukup maksimal dan budget yang sesuai.

Percantik Untuk Finishing

Terakhir, ketika partisi ruangan sudah di pasang, jangan lupa melakukan finishing. Dalam hal ini Anda hanya tinggal mempercantik desainnya saja sesuai keinginan. Bisa di beri hiasan tersendiri atau dengan cara lainnya. Namun, pastikan ini sesuai dengan desain ruangan dan konsepnya, sehingga partisi Anda pun akan tampak lebih indah dan lebih maksimal.

Nah, udah tercerahkan bagaimana memilih partisi yang tepat untuk rumah Anda? Semoga artikel tentang didekor ini bermanfaat ya!

Back To Top