Kesehatan

Obesitas Adalah

Berbagai macam makanan cepat saji yang sekarang ini merajalela, menjadikan orang-orang lupa akan kesehatan badan mereka sendiri. Ditambah lagi dengan berbagai varian yang disajikan, membuat khalayak  semakin tergiur untuk melakukan icip-icip. Tanpa memikirkan isi kandungan makanan yang disajikan.

Gambar Obesitas
Gambar Obesitas

Tak banyak dari mereka yang sadar akan akibat dari makanan yang mereka makan, ditambah lagi Dengan berbagai kesibukkan yang telah digelutinya sekarang ini.

Makanan junk food pun menjadi salah satu pilihan untuk mengganjal perut agar tidak merasa lapar. Hal ini dikarekan pekerjaan yang banyak memforsir waktu sedangkan jam istirahat yang diberikan terlalu singkat.

Ditambah lagi kurangnya waktu untuk berolahraga, menjadikan penyakit mudah datang dan pergi. Beberapa faktor diatas merupakan ciri-ciri anda dapat dengan mudah terkena obesitas dan penyakit membahayakan lainnya.

Pengertian Obesitas dan Efek Sampingnya

Obesitas adalah penumpukan lemak didalam tubuh yang melebihi batas ukuran normal sehingga mengakibatkan berat badan diatas ideal atau diatas rata-rata.

Ini disebabkan karena pola hidup yang kurang baik, yang jika diteruskan secara terus menerus dapat berisiko terkena penyakit yang lainnya (komplikasi). Untuk mereka yang sudah mengalami obesitas sangat rentan terkena penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Taukah anda ternyata obesitas dapat menyebabkan timbulnya kanker? Obesitas atau kegemukan dapat mengakibatkan kanker usus dan payudara. ini terjadi karena Obesitas dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen dan progesterone dalam tubuh, sehingga menimbulkan penyakit kanker.

Tak hanya kesehatan fisik, namun obesitas juga dapat menjadi pengganggu kesehatan mental. Contohnya adalah kurangnya kepercayaan diri karena ejekan masyarakat sekitar tentang kelebihan berat badan yang mereka alami, Dan jika hal ini berlanjut akan mengakibatkan depresi  dan stress.

Obesitas telah menjadi salah satu masalah kesehatan terbesar diseluruh dunia. berawal dari anggapan bahwa obesitas merupakan kondisi umum yang dialami anak-anak dan remaja. sehingga berkembang sampai mereka dewasa dan menjadi orang tua.

Kegemukan ini biasanya diderita orang-orang yang bekerja sebagai administrasi atau kantoran yang cenderung bekerja dengan duduk dan makan. Sehingga menjadikan mereka orang yang susah gerak atau malas untuk bergerak.

Agar anda dapat meminimalisir terjadinya Obesitas anda bisa menghitung berat badan dengan menggunakan metode perhitungan IMT (indeks masa tubuh). Agar anda bisa tetap menjaga kestabilan berat badan tubuh anda, selain itu anda juga tetap dapat menjaga kesehatan anda dengan menjaga pola makan, istirahat dan berolahraga.

Namun, perlu kita ketahui bahwa tidak semua orang gendut mengalami Obesitas. Tapi, tidak ada salahnya jika kita memeriksaknnya lebih dini agar terhindar dari penyakit-penyakit yang membahayakan diri kita sendiri, seperti kanker dan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut dapat anda lihat di http://cegahkankerserviks.org/. situs ini juga akan membantu anda dalam memperdalam pengertian tentang kanker dan pencegahannya.

Back To Top