ikan lele
Ikan Referensi

Cara Budidaya Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang sangat mudah di budidayakan. Ikan lele juga mudah dalam perawatannya dan tidak mudah mati. Maka budidaya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Jika saat ini Anda bingung mau menjalankan usaha apa, maka usaha budidaya lele dapat Anda lirik. Cara budidaya ikan lele dapat Anda pelajari terlebih dahulu, sebelum Anda terjun langsung.

Dengan mengetahui cara budidaya yang baik dan benar, tentunya akan memberikan hasil yang menguntungkan, karena hewan peliharaan yang Anda budidaya akan sehat dan bisa panen dengan berlipat ganda. Jika Anda memang ingin budidaya ikan lele, sebaiknya perhatikan tips yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Cara Budidaya Ikan Lele yang Baik dan Benar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jika Anda sudah yakin ingin menjalankan peluang usaha budidaya ikan lele:

1. Pemilihan Bibit Ikan Lele

Hal utama yang harus Anda perhatikan jika ingin melakukan budidaya ikan lele yaitu dalam pemilihan bibit ikan lele. Bibit ikan lele yang berkualitas, maka akan mempengaruhi hasil panen.

Dengan bibit unggulan juga akan mempengaruhi kualitas ikan, daya tahan ikan, kesehatan ikan dan perkembangan ikan nantinya. Dengan memilih bibit ikan lele unggulan, maka ikan lele akan memiliki daya tahan dan perkembangan yang baik.

2. Mengukur Ukuran Kolam Ikan Lele dan Kapasitas Ikan yang akan Ditampung.

Anda juga harus memperhatikan ukuran kolam ikan yang akan dibuat serta jumlah kapasitasnya. Sebaiknya gunakan perbandingan saat Anda ingin mengisi kolam ikan lele, seharusnya kapasitasnya berapa. Perbandingan tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan ikan lele.

Jika Anda tidak teliti dalam perhitungannya, maka ikan lele akan mati dan terhambat perkembangannya. Misalnya, jika Anda menaruh terlalu banyak bibit ikan dalam satu kolam. Untuk mempermudah Anda dalam melakukan perbandingan, maka Anda dapat mengambil contoh jika Anda menaruh 100 ekor ikan lele untuk setiap meter persegi luas lahan kolam dengan kedalaman 1,5 meter.

Pada dasarnya jika Anda ingin melakukan usaha budidaya ikan lele, ada cara alternative yaitu membuat kolam dengan menggunakan terpal. Dengan begitu, tentunya modal yang Anda keluar lebih sedikit dibanding Anda harus membuat kolam ikan permanen. Tentunya dengan kolam ikan menggunakan terpal lebih praktis, Anda dapat membuatnya di halaman atau belakang rumah Anda.

Nah, sudah cukup jelas bukan? Bahwa peluang usaha budidaya ikan lele sangat menguntungkan. Dengan memperhatikan hal- hal di atas akan sangat berpengaruh pada hasil. Tentunya dengan menggunakan terpal, akan lebih memberikan keuntungan. Selain itu, budidaya ikan lele menggunakan terpal akan memudahkan Anda saat memanen ikan. Pada saat mengganti airpu juga lebih mudah.

Back To Top